MANAJEMEN KINERJA PASCA COVID-19
Definisi, Tujuan, dan Cara Menerapkannya di Tempat Kerja
Abstract
Manajemen kinerja merupakan suatu proses yang melibatkan penilaian, pengukuran, dan pengembangan kinerja baik individu maupun organisasi yang bertujuan untuk mencapai sasaran yang diinginkan baik sektor organisasi bisnis maupun pemerintah. Manajemen kinerja secara komprehensif akan mencakup aspek perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, umpan balik atau evaluasi kinerja, pengembangan kinerja, dan penghargaan kinerja.
Perencanaan kinerja melibatkan penetapan tujuan, standar kinerja, dan tugas-tugas yang harus dilakukan oleh karyawan. Pengukuran kinerja dilakukan dengan menggunakan metode yang tepat untuk menilai sejauh mana tujuan telah dicapai. Umpan balik kinerja diberikan oleh atasan atau pihak lain untuk membantu karyawan memahami kekuatan dan kelemahan mereka serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan. Pengembangan kinerja melibatkan program pelatihan dan pengembangan untuk membantu karyawan meningkatkan keterampilan dan kemampuan mereka. Penghargaan kinerja dapat diberikan kepada karyawan yang berhasil mencapai tujuan kinerja yang ditetapkan.
Manajemen kinerja yang efektif membutuhkan kolaborasi antara manajemen dan karyawan, serta penggunaan metode pengukuran kinerja yang tepat. Tujuan manajemen kinerja adalah meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan efektivitas organisasi dengan cara yang adil dan terbuka. Dengan mempertahankan karyawan yang berkualitas dan memotivasi mereka untuk mencapai tujuan, organisasi dapat memperoleh keunggulan kompetitif yang dapat membantu meningkatkan kinerja jangka panjang.
Katakunci : Manajemen, Kinerja
Copyright (c) 2023 Zuki Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.