SURVEI : IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ADAPTIF DI SEKOLAH DASAR KOTA CIREBON
Handayani Nila Praja; Sri Sundari; Wahyu Adhi Nugroho; Galih Hermawan Omdali Putra
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran penjasorkes adaptif di SLB Kota Cirebon tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan instrumen kuesioner tertutup. Populasi dalam penelitian ini adalah 10 SLB yang berasal dari lima kecamatan di Kota Cirebon. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling yaitu 10 SLB yang ada di Kota Cirebon. Kuesioner sebelumnya telah diujicobakan di SLB di Kabupaten Cirebon. Setelah valid dan reliabel, kuesioner digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran penjasorkes adaptif di SLB di Kota Cirebon dengan persentase rata-rata 90% menunjukkan sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran penjasorkes yang baik dipengaruhi oleh delapan dimensi yaitu tujuan pembelajaran penjasorkes adaptif dengan rata-rata 0,67, materi pembelajaran penjasorkes adaptif dengan rata-rata 0,70, kurikulum pembelajaran penjasorkes adaptif dengan rata-rata 0,60, siswa dengan rata-rata 0,54, metode dengan rata-rata 0,70, kompetensi guru dengan rata-rata 0,70, sarana dan prasarana pendidikan jasmani adaptif dengan rata-rata 0,65, kompetensi pendidikan jasmani adaptif, dan evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani adaptif dengan rata-rata 0,65 . Terlihat bahwa pelaksanaan di lapangan belum dapat memaksimalkan aspek siswa, kurikulum, sarana dan prasarana serta evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani adaptif bagi siswa SLB di Kota Cirebon.