PENGARUH MEDIA BAN BEKAS TERHADAP HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas VIII di SMP Muhammadiyah Gebang)

Mochamad Iman Setiawahyu; Adit Setiawan; Novida

  • Handayani Nila Praja
Keywords: lempar cakram, media ban bekas

Abstract

Kemampuan lempar cakram siswa terlihat dari cara memegang cakram, teknik melempar cakram, dan sikap badan setelah melempar cakram masih kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran lempar cakram dengan menggunakan media ban bekas. Penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Gebang yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes unjuk kerja lempar cakram. Hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil lempar cakram melalui media ban bekas ditandai dengan peningkatan skor rata-rata siswa. Skor rata-rata siswa pada kondisi awal sebesar 67 dengan presentase ketuntasan sebesar 23,33%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan skor rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 68,61 dan persentase ketuntasan sebesar 60%. Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Melanjutkan ke siklus II skor rata-rata siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 79,72 dengan persentase ketuntasan sebesar 93,33%. Target sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II proses pembelajaran lempar cakram melalui media ban bekas berlangsung dinamis dan menyenangkan, serta karakter siswa dari tanggung jawab, percaya diri, kompetitif, dan semangat juga meningkat di setiap pertemuan. Peserta didik aktif melaksanakan tugas gerak teknik lempar cakram dan saling diskusi dengan teman. Kemampuan lempar cakram peserta didik meningkat dengan ditandai dengan peserta didik tuntas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebesar 75.

Published
2023-07-31