PENCAPAIAN KEUNGGULAN KOMPETITIF UMKM: PERAN KAPABILITAS DINAMIS, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, DAN ORIENTASI PASAR

Agus; Nunung Nurnilasari; Devia Indriyani

  • Agus Agus aguspurwanto0725@gmail.com
Keywords: keunggulan kompetitif, kapabilitas dinamis, orientasi kewirausahaan, orientasi pasar

Abstract

Di Indonesia, sektor UMKM merupakan bagian penting perekonomian negara karena memberikan kontribusi yang besar dalam mendorong perekonomian, antara lain dalam membuka kesempatan kerja baru, kontribusi terhadap PDB, dan menyumbang terhadap ekspor. Namun demikian, di balik potensi dan kontribusinya yang besar dalam perekonomian, UMKM di Indonesia masih menghadapi masalah komplek yang bermuara dan mewujud, secara khusus, pada rendahnya kontribusi ekspor UMKM. Rendahnya kontribusi ekspor ini menunjukkan bahwa keunggulan kompetitif UMKM Indonesia di pasar ekspor masih rendah. Dengan menggunakan metode studi literatur dan analisis deskriptif didapatkan bahwa keunggulan kompetitif merupakan superioritas yang dimiliki sebuah perusahaan dalam menghadapi para pesaing di pasar. Keunggulan kompetitif dicapai sebuah perusahaan dalam persaingan melalui harga yang lebih rendah atau benefit yang lebih tinggi dibandingkan para pesaing. Faktor internal, khususnya, kapabilitas dinamis, orientasi kewirausahaan, dan orientasi pasar memiliki peran yang penting dalam upaya mencapai dan mempertahankan keunggulan kompetitif UMKM di Indonesia.

Published
2023-11-18