LASHING UNTUK KARGO TRANSPORTASI DARAT
Mutadi
Abstract
Lashing untuk mengamankan kargo transportasi darat adalah untuk mengamankan modul berat GTC Gas Turbine kompresor modul P1 dan modul S1 selama diangkut dengan menggunakan trailer SPMT Self Propelled Module Transporter yang aman. Analisis lashing harus mempertimbangkan gaya transversal dalam kondisi belok, gaya longitudinal untuk kondisi pengereman dan percepatan. Berat modul P1 511.48 mt dan S1 429.18 mt, ditransportasikan dengan trailer SPMT dengan 20 as, kecepatan 0.5 km/h , percepatan 0.07 m/s , waktu yang dibutuhkan untuk percepatan dan pengereman 2 detik. Kondisi lingkungan kecepatan angin di tempat 10 m/s. Kapasitas lashing per buah 5 mt. Hasil dari kegiatan lapangan ternyata modul P1 dan S1 sukses ditransportasikan dan kondisi aman. Modul P1 memiliki Total Gaya penahan arah transversal adalah 66.72 mt lebih besar dari pada gaya pelunncur 17.7 mt dan total gaya penahan longitudinal 85.12 mt lebih besar dari total gaya meluncur 20.05 mt. Untuk module S1 memiliki total gaya penahan transversal 45.30 mt lebih besar dari total gaya meluncur 15.37 dan total penahan gaya longitudinal 62.7 mt lebih besar dari total gaya meluncur 17.02 mt.