POTRET PERBEDAAN BURNOUT AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA

Dengah Yeremia Alexander Govicar; Siti Khumaidatul Umaroh; Kefira Elsarani Kailuhu; Lutfia Devi Rerestiani; Wella Rizky Fatikasari

  • Dengah Yeremia Alexander Govicar Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
Keywords: Burnout, Akademik, Mahasiswa

Abstract

ABSTRAK

Menjadi mahasiswa adalah pencapaian akademik tingkat lanjutan yang membawa tanggung jawab besar. Di perguruan tinggi, individu harus aktif mencari pengetahuan, menghadapi tugas berat, dan memenuhi harapan dosen. Selain belajar, mahasiswa juga terlibat dalam kegiatan organisasi. Namun, mereka juga menghadapi tugas yang banyak, konflik dengan teman, dan masalah lain yang mengganggu belajar dan menyebabkan kejenuhan. Burnout akademik mengacu pada perasaan lelah karena tuntutan studi, memiliki sikap sinis terhadap tugas-tugas perkuliahan, dan perasaan tidak kompeten sebagai mahasiswa. Bedasarkan hasil studi pendahuluan terhadap mahasiswa aktif Fakultas Psikologi UNTAG Samarinda, 70% dari 75 responden melaporkan mengalami burnout akademik dan berpendapat bahwa burnout akademik berpengaruh terhadap prestasi belajar mereka di kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran perbedaan burnout akademik pada mahasiswa laki-laki dan perempuan di Fakultas Psikologi UNTAG Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan anatara burnout akademik pada mahasiwa laki-laki dan perempuan di fakultas psikologi UNTAG Samarinda dengan nilai p= 0.077(p>0.05). Mahasiswa perempuan cenderung mengalami burnout akademik lebih tinggi dibadingkan mahasiswa laki-laki (38.77>36.14).

Published
2023-11-18