PENGARUH MATHEMATICS SELF REGULATED LEARNING TERHADAP POTENSI SISWA MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE JENJANG LEBIH TINGGI
Munaji; Fatin Hamamah
Abstract
Rendahnya indeks pendidikan di Indonesia menyebabkan berbagai masalah seperti kemiskinan yang tinggi, pengangguran, perkembangan ekonomi lambat dan berita hoax. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh mathematics self reguletd learning (MSRL) terhadap potensi siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif korelasional. Partisipan penelitian sebanyak 111 siswa SMP di semua tingkatan pada sekolah di wilayah Cirebon Timur dan Cirebon Barat, yang diambil secara acak dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive random sampling. Instrumen penelitian berupa angket tertutup dengan empat pilihan rentang 1 – 4. Analisis data dilakukan dengan bantuan softwere Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MSRL berpengaruh positif terhadap potensi siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Pengaruh MSRL terhadap potensi siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sebesar 60,5%, dan sisanya sebesar 39,5% dipengaruhi oleh faktor lain.