MEMPERSIAPKAN SDM GENERASI MILENIAL DITENGAH PANDEMI C-19
Rohadin
Abstract
Dampak Pandemik covid-19 merubah pola pikir, sikap dan perilaku manusia di seluruh dunia termasuk Indonesia. Penyesuaian kebijakan pembelajaran yaitu perluasan pembelajaran tatap muka untuk zona kuning dan implementasi kurikulum pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus. Pendidikan era Revolusi Industri 4.0 mengintegritaskan teknologi cyber dalam pembelajaran, merespons kebutuhan revolusi industri dengan penyesuaian kurikulum untuk mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang tangguh dalam pemenuhan layanan pendidikan.
Tujuan kajian ini untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan dalam memasuki dunia kerja dalam Revolusi Industri 4.0, metode yang digunakan pemebelajaran blended learning (melalui kolaborasi), project based-learning (melalui publikasi), flippedclassroom (melalui interaksi publik dan interaksi digital). Dengan pendekatan riset kualitatif, data diperoleh melalui studi kepustakaan, wawancara mendalam pakar, dan studi lapangan serta menggunakan metode analisis diperoleh bahwa peran perguruan tinggi menghadapi Revolusi Industri 4.0 mewujudkan pendidikan cerdas melalui peningkatan dan pemerataan kualitas pendidikan, perluasan akses dan relevansi dalam mewujudkan kelas dunia.