PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI UPTD SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP DI KABUPATEN MAJALENGKA
Fitri Novianandita; Aos; R. Misriyah Ariyani S.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan wajib pajak kendaraan di uptd samsat kabupaten majalengka.Metode yang digunakan bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif,jumlah populasi yang merupakan wajib pajak kendaraan di bulan febuari 2024 ,dengan sampel sebanyak 90 responden menggunakan RA Supriyono.
teknik analisis data yg digunakan uji validitas ,reabilitas, uji regresi linier sederhana,uji signifikan (t) , serta koefisien determinasi (R2) menggunakan IBM SPSS Statistik Versi 23 hasil penelitian yang diperoleh persamaan regresi linier Y= Y = 10,251 + 0,686X yang berarti setiap perubahan nilai variabel pelayanan yang akan diikuti oleh perubahan variabel kepuasan wajib pajak kendaraan bermotor sebesar 0,686 .
Sedangkan nilai R Square sebesar 0,477 menunjukan 47,7% kepuasan wajib pajak kendaraan bermotor dapat dijelaskan oleh variabel kepuasan dan sisanya 52,3% dijelaskan oleh variabel yang tidak diteliti Nilai korelasi sebesar 0,690 menandakan hubungan pelayanan terhadap kepuasan wajib pajak kendaraan bermotor cukup berarti. Hasil uji t di peroleh nilai = 8,954 > = 1,662. Artinya Ho ditolak ,Ha diterima, sehingga diperoleh kesimpulan pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak kendaraan bermotor .