ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KUALITAS DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE SAMSUNG MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI SEMARANG

  • Vita Dhameria Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon
Keywords: Persepsi Kualitas, Word of Mouth, Brand Image, Minat Beli

Abstract

Persaingan di era globalisasi ini memposisikan perusahaan untuk mampu mengembangkan dan merebut pangsa pasar (market share), salah satu faktor penting dalam merebut pasar yaitu melalu penciptaan merek produk perusahaan yang baik.  Penelitian dilakukan untuk menguji pengaruh persepsi kualitas dan word of mouth terhadap minat beli smartphone Samsung mahasiswa Politeknik Negeri Semarang.  Sampel penelitian ini sebanyak 120 responden.  Teknik analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Model) AMOS 21.0.  Pengukuran untuk konstruk eksogen dan endogen di uji menggunakan analisis konfirmatory dan uji kelayakan full model yang dianalisis menggunakan SEM dimana didapatkan hasil Goodness of Fit untuk Chi-Square 56,605;  probability 0,185;  CMIN/DF  1,179;  GFI 0,928;  TLI 0,989;  RMSEA 0,039;  CFI 0,992. Hasil dari pengujian hipotesis dapat ditarik kesimpulan bahwa persepsi kualitas dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Persepsi konsumen dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.

Published
2019-02-12
How to Cite
Dhameria, V. (2019). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KUALITAS DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE SAMSUNG MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI SEMARANG. CENDEKIA Jaya, 1(1), 52-62. https://doi.org/10.47685/cendekia-jaya.v1i1.9