STRATEGI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN DALAM MENINGKATKAN PROMOSI WISATA DI KABUPATEN MAJALENGKA
Rohadin; Wiwi Syahriawiti; Taufik Nurul Tridayanto
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam Meningkatkan Promosi Wisata di Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan teknik kuesioner/angket sebagai instrumen penelitian.
Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa Variabel Strategi memperoleh skor 1.161 dengan persentase 87% dikategorikan sangat baik. Sedangkan variabel Promosi Wisata memperoleh skor 1.453 dengan persentase 89% dikategorikan sangat baik. Oleh karena itu, Strategi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam Meningkatkan Promosi Wisata di Kabupaten Majalengka sudah berjalan dengan sangat baik. Hambatan yang terjadi terhadap Strategi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam Meningkatkan Promosi Wisata di Kabupaten Majalengka, yaitu sering terjadinya perubahan musim, seperti dari musim panas ke musim penghujan, terjadinya bencana alam, seperti longsor atau banjir dsb, terbatasnya biaya untuk melaksanakan promosi wisata, minimnya kesadaran masyarakat/pengunjung dalam menjaga keindahan dan kelestarian objek wisata, identifikasi target audience, merancang pesan, dan pemilihan media.
Upaya yang perlu dilakukan antara lain Dinas Pariwisata dan Kebudayaan merekomendasikan kepada pengelola objek wisata agar menyediakan fasilitas tempat peristirahatan yang layak untuk berteduh supaya pengunjung lebih nyaman ketika menikmati objek wisata dan terhindar dari perubahan musim dan cuaca yang tidak menentu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan memberikan spanduk atau papan peringatan di setiap objek wisata untuk memberikan peringatan dan menyadarkan setiap pengunjung agar sama sama menjaga dan melestarikan objek wisata yang sudah dimiliki di Kabupaten Majalengka menyisihkan pendapatan dari objek wisata untuk pengembangan promosi dalam media apapun.