PENGARUH STRATEGI PROMOSI TERHADAP PENJUALAN PRODUK PADA PT PEGADAIAN CABANG MAJALENGKA

R. Misriah Ariyani S.; Vita Dhameria; Hikmah Sugiharti Ramadan

  • Pengelola Jurnal CENDEKIA Jaya
Keywords: Strategi Promosi, Penjualan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Strategi Promosi terhadap Penjualan pada PT. Pegadaian Cabang Majalengka .Variabel penelitian ini adalah Strategi Promosi (X) sebagai variabel independen dan Penjualan (Y) sebagai Variabel dependen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Terdapat kriteria sampel sebagai berikut : 1. Laki-laki maupun Perempuan, 2. berusia 25-55 tahun, 3. Nasabah aktif pegadaian 4. Berdomisili di majalengka . Jumlah sampel adalah 98 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket di sebarkan kepada responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif asosiatif (hubungan) dengan analisis regresi linear sederhana sedangkan pengujian statistik dengan menggunakan uji t.

Hasil analisis data nilai R sebesar 0,289. Yang termasuk dalam kategori “Hubungan Rendah Tapi Pasti” dan koefisien determinasi (R2) sebesar 8,3% . Yang termasuk dalam kategori “ Pengaruhnya rendah tetapi pasti” terhadap Penjualan (Y) atau berada dalam rentang skor 5%-16%. Dan sisanya 91,7% di pengaruhi oleh faktor- faktor lain yang tidak di teliti. Hasil pada pengujian uji hipotesis tersebut thitung = 2.956 > ttabel = 1.661. Maka hipotesis nol (HO) ditolak dan hipotesis alternativ (Ha) diterima. Artinya Strategi promosi ini pengaruh yang cukup signifikan terhadap Penjualan produk pada PT. Pegadaian Cabang Majalengka.

Published
2023-07-31
How to Cite
CENDEKIA Jaya, P. (2023). PENGARUH STRATEGI PROMOSI TERHADAP PENJUALAN PRODUK PADA PT PEGADAIAN CABANG MAJALENGKA. CENDEKIA Jaya, 5(2), 105-126. https://doi.org/10.47685/cendekia-jaya.v5i2.484
Section
Articles